Penatnya bersemangat Sendiri

Di kampus, saya tergabung dalam minimal dua kegiatan: HMJ dan kelompok Debat. Yang tragis, dua-duanya bisa dibilang mati, kalau mau optimis sih kita bisa memakai kata vakum. Yang lebih tragis lagi, saya tau bahwa sebenarnya saya bisa melakukan sesuatu untuk mengubah keadaan itu. Masalahnya? Saya tidak berani maju sendiri untuk membuat perubahan itu terjadi. Malas itu nyaman. Tidak peduli itu nyaman. Dan mengutip apa yang pernah diungkapkan Stever Robbins, kita memang labih sering memilih kenyamanan daripada komitmen.

Bagaimana bisa berhubungan? Biar saya gambarkan. Tiap awal semester, saya selalu diiringi semangat berapi-api untuk melakukan perubahan. Kemudian semester benar-benar dimulai, dan tetap saja kemalasan  untuk melakukan sesuatu terus terbawa. Banyak kesempatan dimana saya merasa begitu ingin melakukan sesuatu untuk merubah keadaan, tapi toh begitu lewat momen, semangat pun ikut lewat. Malas kembali datang dan karenanya, kenyamanan kembali dicari.

Ini menjadi bermasalah, setidaknya untuk saya pribadi, karena tiap hari ada momen yang begitu menginspirasi, tapi tiap hari juga momen ini lewat begitu saja… Now what? Karena tetap saja serangan semangat datang seperti hujan musiman tiap hari dan lewat tanpa membawa manfaat… Kemarin waktu kuliah Sejarah Dunia Kontemporer, ini kembali terjadi. Saya begitu bersemangat untuk melakukan sesuatu untuk mengubah ‘vakum’nya jurusan, tetapi begitu saya berusaha memikirkan alternatif peran yang bisa saya ambil, saya tidak tahu lagi apa yang bisa saya lakukan.

Ini masalah kelemahan mental, kalau dipikir-pikir. Mengambil inisiatif itu butuh percaya diri tinggi dan saya cukup jujur untuk mengakui bahwa saya terlalu malu dan malas untuk bisa mengambil tindakan awal. Jadi untuk kedua wadah itu, saya perlu orang yang lebih rajin dan konsisten dari saya. Hingga saat itu tiba, tampaknya saya masih akan jadi individu niat-tapi-pasif dalam dua tempat tersebut. Atau mungkin pembaruan bisa datang di atas saya, sehingga saya cukup kuat untuk bersemangat dan bertindak sendiri, amin,.

Leave a Reply

